Senin, 08 November 2010

Silabus Kimia X

SILABUS  
Nama Sekolah                     : SMA  
Mata Pelajaran                    : KIMIA
Kelas/Semester                   : X/1
Standar Kompetensi      : 1. Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan ikatan kimia
Alokasi Waktu               : 16 jam pelajaran (untuk UH 2 jam)
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/
bahan/alat
1.1. Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron

§  Perkembangan tabel periodik unsur.


· Mengkaji literatur tentang perkembangan  tabel periodik unsur dalam kerja kelompok.
· Presentasi hasil kajian untuk menyimpulkan dasar pengelompokkan unsur-unsur.

·    Membandingkan perkembangan tabel periodik unsur untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangannya.
·   Menjelaskan dasar pengelom-pokan unsur-unsur.
·  Jenis tagihan:
  Tugas kelompok
   Kuis
   Ulangan
·  Bentuk instrumen
   Laporan  tertulis
   Penilaian sikap

2 jam
·   Sumber
Buku kimia,
Tabel periodik,
Kartu unsur
·   Bahan
Lembar
§  Struktur atom

· Mengkaji tabel periodik unsur untuk menentukan partikel dasar, konfigurasi elektron, massa atom relatif.
· Mengidentifikasi unsur ke dalam isotop, isobar dan isoton melalui kerja kelompok.
·    Menentukan partikel dasar (proton, elektron dan netron)
·    Menentukan konfigurasi elektron dan elektron valensi
·    Menentukan massa atom relatif berdasarkan tabel periodik
·    Mengklasifikasikan unsur ke dalam isotop, isobar dan isoton)
2 jam
§  Sifat fisik dan sifat kimia unsur
§  Sifat keperiodikan unsur

· Mengamati beberapa unsur untuk membedakan sifat logam, non logam dan metaloid.
· Mengkaji keteraturan jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron dan keelektronegatifan unsur-unsur seperiode dan segolongan berdasarkan data atau grafik dan nnomor atom melalui diskusi kelompok.
· Menghubungkan keteraturan sifat jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron dan keelektronegatifan.
·    Mengklasifikasikan unsur ke dalam logam, non logam dan metaloid.
·    Menganalisis tabel, grafik untuk menentukan keteraturan jari-jari atom, energi ionisasi, affinitas elektron dan keelektronegatifan

2 jam

§  Perkembangan teori atom mulai dari Dalton sampai dengan teori Atom Modern.

· Mengkaji literatur tentang perkembangan teori atom (di rumah setelah ditugaskan pada pertemuam sebelumnya).
· Mempresentasikan dan diskusi hasil kajian.
· Menyimpulkan hasil pembelajaran
·    Menjelaskan perkembangan teori atom untuk menunjukkan kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atom berdasarkan fakta eksperimen.


2 jam

1.2. Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan koordinasi, dan ikatan logam serta hubungannya dengan sifat fisika senyawa yang terbentuk

Ikatan Kimia
§  Kestabilan unsur


§  Struktur Lewis

§  Ikatan ion dan ikatan kovalen
· Menentukan unsur yang dapat melepaskan elektron atau menerima elektron untuk mencapai kestabilan dalam diskusi kelompok
· Menggambarkan susunan elektron valensi Lewis melalui diskusi kelas.
· Membandingkan proses pembentukan ikatan ion dan ikatan kovalen dalam diskusi kelas


§  Menjelaskan kecenderungan suatu unsur untuk mencapai kestabilannya.
§  Menggambarkan susunan elektron valensi atom gas mulia (duplet dan okted) dan elektron valensi bukan gas mulia (struktur Lewis).
§  Menjelaskan  proses terbentuknya ikatan ion.
§  Menjelaskan proses terbentuknya ikatan kovalen tunggal, rangkap dua, dan rangkap tiga.
·  Jenis tagihan
   Kuis
   Tugas individu,   Tugas kelompok,
   Ulangan
·  Bentuk instrumen
Laporan tertulis,
Performans (kinerja dan sikap), tes tertulis

3 jam
·   Sumber
Buku kimia

·   Bahan
Lembar kerja,
Larutan yang berifat polar dan non polar
·   Alat
Standar, Buret, corong, gelas kimia,

§  Ikatan  kovalen koordinat
§  Senyawa kovalen volar dan non volar.
§  Ikatan logam


· Mendikusikan proses terbentuknya ikatan kovalen koordinat dari beberapa contoh senyawa sederhana.
· Merancang dan melakukan percobaan untuk menyelidiki kepolaran senyawa di laboratorium.
· Mengidentifikasi sifat fisik logam dan menghubungkannya dengan proses pembentukan ikatan logam dalam diskusi kelompok di laboratorium
§  Menjelaskan  proses terbentuknya ikatan koordinasi pada beberapa senyawa.
§  Menyelidiki kepolaran beberapa senyawa dan hubungannya dengan keelektronegatifan melalui percobaan.
§  Mendeskripsikan proses pembentukan ikatan logam dan hubungannya dengan sifat fisik logam.
§  Menghubungkan sifat fisis materi dengan jenis ikatannya.

3 jam










SILABUS

Nama Sekolah                     : SMA
Mata Pelajaran                    : KIMIA
Kelas/Semester                   : X/1
Standar Kompetensi           : 2.  Memahami hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya dalam perhitungan kimia (stoikiometri)
Alokasi Waktu                       : 20 jam (untuk UH 4 jam)
Kompetensi dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/
bahan/alat
2.1 Mendeskripsikan tata nama senyawa anorganik dan organik sederhana serta persamaan reaksinya.

§  Tata nama senyawa






§  Menentukan senyawa biner (senyawa ion) yang terbentuk dari tabel kation (golongan utama) dan anion serta memberi namanya dalam diskusi kelompok.
§  Menentukan nama senyawa biner yang terbentuk melalui ikatan kovalen.
§  Menentukan nama senyawa poliatomik yang terbentuk dari tabel kation (golongan utamadan NH4+) dan anion poliatomik serta memberi namanya dalam diskusi kelompok.
§  Menyimpulkan aturan pemberian nama senyawa biner dan poliatomik.
§  Menginformasikan nama beberapa senyawa organik sederhana.

§  Menuliskan nama senyawa biner
§  Menuliskan nama senyawa poliatomik
§  Menuliskan nama senyawa organik sederhana
§      Jenis tagihan
Tugas individu
 kuis
Ulangan
§  Bentuk instrumen
  Tes tertulis

2 jam
§  Sumber
Buku kimia
Lembar kerja siswa
§  Persamaan reaksi sederhana
§  Mendiskusikan cara menyetarakan reaksi.
§  Latihan menyetarakan persamaan reaksi.

§  Menyetarakan reaksi sederhana dengan diberikan nama-nama zat yang terlibat dalam reaksi atau sebaliknya
4 jam
2.2. Membuktikan dan mengkomunikasikan  berlakunya hukum-hukum dasar kimia melalui percobaan serta menerapkan konsep mol dalam menyelesaikan perhitungan kimia.
Hukum dasar kimia
§  Hukum Lavoisier
§  Hukum Proust
§  Hukum Dalton
§  Hukum Gay Lussac
§  Hukum Avogadro

§  Merancang dan melakukan percobaan untuk membuktikan hukum Lavoisier, dan hukum Proust di laboratorium.
§  Menarik kesimpulkan dari data hasil percobaan.


§  Membuktikan Hukum Lavoisier melalui percobaan
§  Membuktikan hukum Proust melalui percobaan

§      Jenis tagihan
Tugas individu
Tugas kelompok
Ulangan
§  Bentuk instrumen
 Tes tertulis,  Performans (kinerja  dan sikap)
  Laporan tertulis

2 jam
§  Sumber
Buku kimia
§  Bahan
Lembar kerja,
alat dan bahan untuk percobaan.

§  Mendiskusikan data percobaan untuk membuktikan hukum Dalton, hukum Gay Lussac dan hukum Avogadro dalam diskusi kelompok di kelas.
§  Menghitung volume gas pereaksi atau hasil reaksi berdasarkan hukum Gay Lussac.
§  Menemukan hubungan antara volum gas dengan jumlah molekulnya yang diukur pada suhu dan tekanan yang sama (hukum Avogadro).
§  Menganalisis senyawa untuk membuktikan berlakunya hukum kelipatan perbandingan (hukum Dalton)
§  Menggunakan data percobaan untuk membuktikan hukum perbandingan volum (hukum Gay Lussac).
§  Menggunakan data percobaan untuk membuktikan hukum hukum Avogadro.

§      Jenis tagihan
Tugas individu
Tugas kelompok
Ulangan
§  Bentuk instrumen
 Tes tertulis

2 jam

§  Perhitungan kimia

§  Diskusi informasi konsep mol.
§  Menghitung jumlah mol, jumlah partikel, massa dan volum gas, menentukan rumus empiris, rumus molekul, air kristal, kadar zat dalam senyawa, dan pereaksi pembatas.

§  Mengkonversikan jumlah mol dengan jumlah partikel, massa, dan volum zat.
§  Menentukan rumus empiris dan rumus molekul
§  Menentukan rumus air  kristal
§  Menentukan kadar zat dalam suatu senyawa.
§  Menentukan pereaksi pembatas dalam suatu reaksi
§  Menentukan banyak zat pereaksi atau hasil reaks

6 jam













SILABUS
Nama Sekolah                     : SMA
Mata Pelajaran                    : KIMIA
Kelas/Semester                   : X/2
Standar Kompetensi           : 3. Memahami sifat-sifat  larutan non-elektrolit dan elektrolit, serta reaksi oksidasi-redukasi
Alokasi Waktu                       : 14 jam (2 jam untuk UH )
Kompetensi dasar
Materi Pembelajara
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/
bahan/alat
3.1 Mengidentifikasi  sifat larutan non-elektrolit dan elektrolit berdasarkan data hasil percobaan.

§  Larutan elektrolit dan non elektrolit
§  jenis larutan berdasarkan daya hantar listrik
§  jenis larutan elektrolit berdasarkan ikatan:

§  Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi sifat-sifat larutan elektrolit dan non elektrolit dalam diskusi kelompok dilaboratorium.
§  Menyimpulkan perbedaan sifat dan jenis larutan elektrolit dan non elektrolit.

§  Mengidentifikasi sifat-sifat larutan elektrolit dan non elektrolit  melalui  percobaan
§  Mengelompokkan larutan ke dalam larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan sifat hantaran listriknya
§  Menjelaskan penyebab kemampuan larutan elektrolit menghantarkan arus listrik
§  Mendeskripsikan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion dan senyawa kovalen polar.
§      Jenis tagihan
Tugas kelompok
Ulangan
Responsi (ujian praktik)
§  Bentuk instrumen
 Tes tertulis,   performans (kinerja dan sikap) ,
  Laporan tertulis
3 jam
§  Sumber
Buku kimia
§  Bahan
Lembar kerja,
Alat dan bahan untuk percobaan

3.2. Menjelaskan perkembangan konsep reaksi oksidasi- reduksi dan hubungannya dengan tata nama senyawa serta penerapannya.

§  Konsep oksidasi dan reduksi
§  Bilangan oksidasi unsur dalam senyawa atau ion

§  Demontrasi reaksi pembakaran dan serah terima elektron (misal reaksi antara paku besi dicelupkan ke dalam air aki).
§  Menentukan bilangan oksidasi atom unsur dalam senyawa atau ion dalam diskusi kelas.
§  Beratih menentukan bilangan oksidasi,  oksidator, reduktor, hasiloksidasi, dan hasil reduksi.
§  Membedakan konsep oksidasi reduksi ditinjau dari penggabungan dan pelepasan oksigen, pelepasan dan penerimaan elektron, serta peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi.
§  Menentukan bilangan oksidasi atom unsur dalam senyawa atau ion.
§  Menentukan oksidator dan reduktor dalam reaksi redoks

§      Jenis tagihan
Tugas individu
Tugas kelompok
Ulangan
kuis
§  Bentuk instrumen
Tes tertulis, performans (kinerja dan sikap),
Laporan tertulis
8 jam
§  Sumber
Buku kimia
§  Bahan
Lembar kerja,

§  Tata nama menurut IUPAC





§  Aplikasi redoks dalam memecahkan masalah lingkungan
§  Menentukan penamaan senyawa biner (senyawa ion) yang terbentuk dari tabel kation dan anion serta memberi namanya dalam diskusi kelompok.


§  Menemukan konsep redoks untuk memecahkan masalah lingkungan dalam diskusi kelompok dikelas



§  Memberi nama senyawa menurut IUPAC






§  Mendeskripsikan konsep larutan elektrolit dan konsep redoks dalam memecahkan masalah lingkungan.
2 jam






1 jam
SILABUS
Nama Sekolah                     : SMA
Mata Pelajaran                    : KIMIA
Kelas/Semester                   : X/2
Standar Kompetensi           : 4. Memahami sifat-sifat senyawa organik atas dasar gugus fungsi dan senyawa makromolekul.
Alokasi Waktu                       :  20 jam (untuk UH 3 jam)
Kompetensi dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/
bahan/alat
4.1 Mendeskripsikan kekhasan atom karbon dalam membentuk senyawa hidrokarbon

§  Identifikasi atom C,H dan O.




§  Kekhasan atom karbon.


§  Atom C primer, atom C sekunder , atom C tertier, dan atom C kuarterner.
§  Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon dalam diskusi kelompok di laboratorium

§  Dengan menggunakan moolymod mendiskusikan kekhasan atom karbon dalam diskusi kelompok di kelas
§  Menentukan  atom C primer, sekunder, tertier dan kuarterner dalam diskusi kelompok dikelas
§  Mengidentifikasi unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon melalui percobaan.




§  Mendeskripsikan  kekhasan atom karbon dalam senyawa karbon


§  Membedakan atom C primer, sekunder, tertier dan kuarterner.
§      Jenis tagihan
Tugas kelompok
Ulangan
§  Bentuk instrumen
  Tes tertulis,   performans (kinerja dan sikap),
  Laporan tertulis
2 jam
§  Sumber
Buku kimia
§  Bahan
Lembar kerja,
alat dan bahan untuk percobaan
molymood

4.2 Menggolongkan senyawa hidrokarbon berdasarkan strukturnya dan hubungannya dengan sifat senyawa.

§  Alkana, alkena dan alkuna





§  Sifat fisik alkana, alkena dan alkuna


§  Isomer




§  Reaksi senyawa karbon

§   Dengan menggunakan molymood (dapat diganti dengan molymood buatan) mendiskusikan jenis ikatan pada atom karbon pada senyawa alkana, alkena dan alkuna.
§ Latihan tatanama.

§  Menganalisa data titik didih dan titik leleh senyawa karbon dalam diskusi kelompok.

§  Dengan menggunakan molymood menentukan isomer senyawa hidrokarbon melalui diskusi kelompok.


§  Merumuskan  reaksi sederhana  senyawa alkana, alkena dan alkuna dalam diskusi kelas
§  Mengelompokkan  senyawa hidrokarbon berdasarkan kejenuhan ikatan 
§  Memberi nama senyawa alkana, alkena dan alkuna.



§  Menyimpulkan hubungan titik didih senyawa hidrokarbon dengan massa molekul relatifnya dan strukturnya.

§  Menentukan  isomer struktur (kerangka, posisi, fungsi) atau isomer geometri (cis, trans)


§  Menuliskan reaksi sederhana pada senyawa  alkana, alkena, dan alkuna (reaksi oksidasi, reaksi adisi, reaksi substitusi, dan reaksi eliminasi)

§      Jenis tagihan
Tugas kelompok
Kuis
Ulangan
§  Bentuk instrumen
 Tes tertulis,


7 jam















2 jam
§  Sumber
Buku kimia
§  Bahan
Lembar kerja,
molymood

4.3  Menjelaskan proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta kegunaannya

§  Minyak bumi





§  Fraksi minyak bumi



§  Mutu bensin


§  Dampak pembakaran bahan bakar

§  Dalam kerja kelompok  membahas tentang  eksplorasi minyak bumi, fraksi minyak bumi, mutu bensin, petrokimia dan dampak hasil pembakaran bahan bakar

§  Presentasi hasil kerja kelompok.
§  Mendeskripsikan proses pembentukan minyak bumi dan gas alam.
§  Menjelaskan komponen-komponen utama penyusun minyak bumi.


§  Menafsirkan bagan penyulingan bertingkat untuk menjelaskan dasar dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi.

§  Membedakan kualitas bensin berdasarkan bilangan oktannya.

§  Menganalisis dampak pembakaran bahan bakar terhadap lingkungan.

§      Jenis tagihan
 Tugas kelompok
 kuis
 Ulangan
§  Bentuk instrumen
   Tes tertulis
   Laporan tertulis    (makalah)
4 jam
§  Sumber
Buku kimia
internet
§  Bahan
Lembar kerja,
LCD, komp

4.4 Menjelaskan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari dalam bidang pangan, sandang, papan, perdagangan, seni, dan estetika

§  Senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari.
§  Diskusi dalam kerja kelompok untuk mengidentifikasi kegunaan senyawa hidrokarbon dalam bidang pangan, sandang , papan dan dalam bidang seni dan estetika (untuk daerah-daerah penghasil minyak bumi atau yang memiliki industri petrokimia bisa diangkat sebagai bahan diskusi).
§  Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang pangan
§  Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang sandang dan papan.
§  Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang seni dan estetika.
§      Jenis tagihan
Tugas kelompok
Kuis
Ulangan
§  Bentuk instrumen
Tes tertulis
Laporan tertulis

2 jam
§  Sumber
Buku kimia
internet
§  Bahan
Lembar kerja,
LCD, komp





Tidak ada komentar:

Posting Komentar